Aliran-Aliran Pemikiran Dalam Islam

tramonto3Aliran-Aliran Pemikiran Dalam Islam

By : Harkaman, Heki, dan Ahman

Di dalam al-Qur’an terdapat ayat yang Qathi’ (pasti, yang tidak mungkin lagi dimasuki oleh daya nalar manusia, seperti kewajiban melakukan shalat, wajib puasa, zakat dan haji. Kemudian ada lagi ayat-ayat yang zhanni (dugaan,memungkinkan beberapa pengertian dan penafsiran). Dari ayat-ayat yang bersifat zhanni ini timbul berbagai macam pendapat dan aliran dalam Islam.
Dari interpretasi yang berbeda terhadap ayat-ayat yang zhanni, kemudian muncul berbagai macam aliran pemikiran Islam. Ini bermula ketika Nabi Muhammad SAW wafat. Di zaman Nabi pemetaan pemikiran belum terjadi karena Nabi menjadi sumber rujukan tunggal dalam memahami ayat-ayat tersebut.
Sekarang kita kenal berbagai macam pemikiran atau aliran-aliran pemikiran dalam Islam. Hal tersebut sedikit menjelimet dan membuat kaum muslimin sedikit bingung dalam pmenyaksikan realitas yang ada. Terlebih dalam persoalan siapa yang benar dan siapa yang salah? Maka dari itu, siapa yang akan diikuti menjadi persoalan yang lebih rumit lagi.
Aliaran –aliran dalam Islam secara garis besarnya adalah tasawuf, politik, hukum, filsafat dan teologi. Masing-masing dari pembagian aliran-aliran yang telah kami sebutkan di atas. Mereka terbagi-terbagi lagi menjadi beberapa bagian.

Untuk makalah selengkapnya, silahkan download disini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s